06 June 2011

Koprol’s Business Profile

Categories: ,

Saya selalu mengatakan kepada Koprollers lain, bahwa Yahoo! Koprol selalu membuat fitur dan perbaikan baru. Entah dalam hal apapun, Koprol tak pernah berhenti berkembang. Dan pada hari ini, Kamis 17 Februari 2011, Koprol resmi meluncurkan Koprol Business Account.

Seperti yang dilansir oleh Koprol di laman http://koprol.com/business/ Akun Bisnis di Koprol ini ditujukan untuk anda yang mengelola retoran, toko atau pemilik merek apapun, dengan akun bisnis ini anda akan memperoleh keuntungan lebih dari Koprol.

Keuntungan yang anda peroleh dengan menggunakan akun bisnis bagi sosialisasi bisnis/merek anda adalah:

  1. Anda dapat berinteraksi dengan followers dan fans anda secara dua arah.
  2. Sama seperti akun biasa, anda dapat menampilkan gambar atau icon usaha/merek anda sebagai avatar. Namun selain itu, kita bisa mengubah tampilan theme/background halaman akun bisnis kita sesuai dengan kemauan kita.
  3. Jika anda memiliki beberapa orang yang mengelola bisnis/merek tersebut, anda bisa mengatur orang-orang tersebut untuk mengelola akun bisnis anda tersebut.
  4. Anda dapat menginformasikan detil informasi bisnis anda sehingga followers/fans anda dapat memperoleh informasi terperinci mengenai bisnis/merek anda.
  5. Anda akan memperoleh statistik data mention, komentar dan jumlah followers yang ditampilkan dalam data yang sangat mudah untuk dimengerti.
  6. Claim Places, dimana anda dapat mengklaim lebih dari satu lokasi yang ada di Koprol yang memang berkaitan dengan usaha/merek anda.
  7. Sticky Post, dimana postingan anda akan selalu di muncul di atas stream line dilokasi orang-orang check in yang telah menjadi lokasi akun bisnis anda.
  8. Akun bisnis juga mengijinkan anda untuk membuat status yang dapat muncul di setiap lokasi, atau cukup muncul di satu lokasi tertentu yang anda inginkan. Tentunya lokasi-lokasi tersebut harus anda klaim terlebih dahulu.

Untuk memulai mendaftar menggunakan Akun Bisnis di Koprol, anda mula-mula mengarahkan browser anda ke halaman berikut ini (click it):


Yang akan mengarahkan anda untuk untuk membuat akun bisnis baru dengan tampilan pilihan seperti dibawah ini. Dimana anda akan mengisi data yang berkaitan dengan bisnis/merek yang akan anda sosialisasikan melalui Koprol.


Setelah anda memilih Create New Account, anda akan diarahkan ke halaman baru dengan tampilan seperti ini:


Dengan menekan tombol Save, anda telah sukses membuat business account baru anda, dan dapat mulai untuk mempromosikan usaha/merek anda melalui Koprol.

Seperti yang saya sampaikan diatas, dengan menggunakan akun bisnis di Koprol ini, kita dapat memperoleh data statistik dari fans yang mem-follow akun bisnis kita, fans yang mention akun kita serta berapa banyak comment yang kita terima.


Data diatas dapat ditampilkan dengan lebih mendetail seperti bisa dilihat dibawah ini:


Informasi yang ditampilkan sangat membantu untuk memperoleh data interaksi akun bisnis kita dengan para fans kita. Dan yang paling menyenangkan, semua ini kita peroleh dengan gratis dari Koprol.


Panel dan informasi di atas hanya dapat diakses para admin akun bisnis anda. Saat ini, hanya ada 3 user Koprol yang dapat diberikan privileges untuk menjadi pengelola admin bisnis di koprol anda. Ketiga user yang menjadi admin ini dapat mengubah seluruh informasi mengenai bisnis anda, mengakses panel statistik, menambahkan lokasi di Koprol yang di klaim dan lain sebagainya. Jika anda memiliki lebih dari 3 user yang akan mengelola akun bisnis tersebut, anda dapat mengatur jadwal privileges

Di Akun bisnis ini, tak ada lagi pilihan add as friends, hanya ada pilihan follow untuk menjadi fans untuk mendapatkan update dari akun bisnis kita. Berikut ini tampilan tab fans akun bisnis:


Untuk mobile, sebagai admin kita masih bisa berinteraksi menggunakan akun bisnis kita. Namun hanya dibatasi dengan memberikan komentar sebagai akun bisnis tersebut. Kita (admin) diberikan pilihan untuk memilih antara akun pribadi kita atau akun bisnis yang kita kelola.


Claim place
Untuk mengklaim satu lokasi, yang kita perlukan hanyalah membuka halaman lokasi tersebut, dan anda akan menemukan pilihan tombol Claim This Place, jika lokasi tersebut adalah benar berkaitan dengan bisnis anda. Berhati-hatilah untuk tidak sembarangan mengklaim lokasi karena mungkin akan berakibat buruk pada akun bisnis anda.

Hal yang mungkin paling menarik dari akun bisnis ini adalah kita diinjinkan untuk mengubah tampilan halaman web akun bisnis kita. Kita bisa menggunakan themes yang telah disediakan secara default oleh Koprol atau menggunakan gambar background sesuai dengan keinginan kita.


Koprol telah menyediakan 6 buah themes yang bebas kita gunakan dengan pilihan warna merah muda, biru, oranye, coklat, abu-abu dan hitam untuk menggantikan warna hijau yang selama ini identik dengan akun standar Koprol.


Dikarenakan fitur ini masih sangat baru, mungkin akan ada penambahan informasi mengenai Semoga informasi terbatas mengenai Koprol Business Account ini bermanfaat bagi anda yang berminat untuk mengembangkan bisnis anda dengan memanfaatkan fitur yang baru saja dirilis oleh Koprol ini.


Source: sikodok.com

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Koprol’s Business Profile"

Post a Comment