27 March 2011

Taman Kusuma Wicitra

Categories:

Taman Kusuma Wicitra, terletak di pusat kabupaten Tulungagung. Merupakan salah satu trade mark kabupaten ini. Oleh warga Tulungagung sendiri dikenal juga dengan sebutan Alun-Alun. Alun-Alun memang menjadi identitas kota-kota di Jawa, dari dulu hingga sekarang. Berada di tengah-tengah kota, berupa tanah lapang yang luas dan digunakan untuk beragam kegiatan. Untuk lebih lengkapnya tentang Alun-Alun, bisa dicari di wikipedia.

Taman Kusuma Wicitra



Kabupaten Tulungagung awalnya cuma suatu wilayah yang kecil, yaitu hanya di sekitar pusat kota (Alun-Alun). Berupa daerah rawa-rawa dan merupakan daerah sumber air, dikenal dengan sebutan Ngrowo. Nama "Tulungagung" dipercaya berasal dari kata "pitulungan agung" (pertolongan yang agung). Nama ini berasal dari peristiwa saat seorang pemuda dari Gunung Wilis bernama Joko Baru mengeringkan sumber air di Ngrowo dengan menyumbat sumber air tersebut dengan lidi dari pohon enau.


Center of Taman Kusuma Wicitra

Taman Bunga



Taman Kusuma Wicitra merupakan Alun-Alun kota yang asri, yang di sekitarnya terdapat kantor-kantor pemerintahan Kabupaten Tulungagung. Diresmikan pada tanggal 22 Oktober 2007 oleh bapak bupati Ir. Heru Tjahjono, MM. Taman kota yang hijau ini sangat ramai dikunjungi, terutama pada hari libur. Bahkan setiap hari Minggu, daerah sekitar Alun-Alun menjadi kawasan favorit berlibur, berolahraga atau sekedar refreshing mengusir penat. Karena pada hari Minggu hingga pukul 08.00, kawasan ini bebas kendaraan bermotor, seperti halnya Car Free Day kalau di Jakarta, hehe...



Rindang, cocok buat refreshing




Bila Anda mengunjungi Tulungagung, maka tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri mampir ke Taman Kusuma Wicitra.

Outbound

Rusa


Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

1 Response to Taman Kusuma Wicitra

March 30, 2011 at 4:45 PM

wah rek! alun-alun iki jamanku SD, isik model lapangan, kanggo olahraga.

Post a Comment