06 June 2011

KoprolBiz for Community??

Categories: ,

Mungkin tidak begitu banyak yang melirik Koprol Business Profile saat versi betanya pertama diliris, beberapa bulan yang lalu. Kemunculannya yang bersamaan dengan touch site membuat seakan satu fitur yang lama dinanti ini hilang pamor. Namun, minggu lalu Koprol secara resmi meluncurkan Koprol Business Profile di Grand Indonesia.

Fitur yang memang diperuntukkan untuk kalangan pebisnis ini memang seperti memanjakan para pengguna koprol yang memiliki usaha dan bisnis di bidang tertentu. Untuk lebih jelas mengenai fitur ini, silahkan baca di sini.

Pertanyaan pun muncul saat beberapa komunitas mulai mempertimbangkan untuk ikut menggunakan fitur baru ini. Komunitas Koprol yang memang jumlahnya cukup banyak memang sudah sejak lama menantikan fitur khusus komunitas, atau page khusus komunitas. Dan munculnya Koprol Business Profile seakan sedikit mengobati dahaga mereka.

Banyak pihak dan komunitas pun mulai bertanya-tanya seberapa perlu mereka menggunakan Koprol Business Profile untuk akun komunitas mereka. Seberapa menguntungkan bagi komunitas mereka? Sebagai pengguna Koprol Business Profile sejak jaman versi beta, ingin sedikit berbagi beberapa keuntungan yang bisa didapat komunitas dalam Koprol Business Profile.

1. Rockstar has fans

berbeda dengan akun personal, #koprolbiz hanya menyediakan pilihan menjadi fans dengan cara following. Dengan ini, list fans lebih tertata rapi, tapi tidak kehilangan kesempatan untuk berkomunikasi dua arah dengan followers.

2. Multiple admins

Saat menggunakan akun personal sebagai akun komunitas, yang biasanya kamu lakukan adalah, berbagi username dan password dari akun tersebut kepada seluruh admin. Dan, setiap kamu ingin login sebagai akun tersebut, kamu harus logout terlebih dulu dari akun personal kamu. Dengan menggunakan #koprolbiz, hal itu bisa dihindari. Multiple admins di #koprolbiz memungkinkan kamu memanage akun komunitas langsung dari akun personal kamu. Resiko kehilangan password pun dapat diminimalisir karena tidak ada password khusus untuk masuk ke akun biz.

3. Commenting here and there

Fitur ini adalah salah satu favorit saya. Sebagai admin sebuah biz account, setiap kamu mengomentari stream orang lain, kamu dapat memilih berkomentar sebagai akun personal kamu, atau akun biz. Fitur ini membuat berinteraksi dengan fans/follower semakin mudah, karena tidak perlu sign out-sign in terlebih dulu untuk berkomentar sebagai akun biz.

4. Dude, I claimed my place

Beberapa komunitas ada yang memiliki basecamp (I mean it’s a real basecamp, not that so called) sendiri untuk komunitas mereka. Basecamp tersebut biasa digunakan untuk acara kopdar, dan sejenisnya. Melalui akun biz kamu dengan mudah dapat mengklaim basecamp tersebut sebagai milik komunitas kamu. Setelah tempat itu officially menjadi milik komunitas kamu, kamu dapat mendapatkan insights dari statistik pengunjung basecamp itu.

5. Get Insights from Statistics

Fitur yang tidak akan kamu dapatkan di akun personal, statistik. Seperti dijelaskan di sini dengan menggunakan akun biz, kamu akan mendapatkan statistik mengenai aktivitas kamu dan komunitasmu yang melibatkan si akun biz. Statistik diperlukan sebagai bahan evaluasi sehabis melakukan sebuah campaign/kegiatan. Berapa orang yang mengikuti kegiatan (online), berapa pertambahan fans, siapa saja yang menjadi fans, dll.

6. Gallery for narcissistic moment

Selama ini, setiap komunitas akan mengunggah foto-foto kegiatan mereka di service lain, selain di koprol (seperti flickr, facebook, picasa, etc). Dengan akun biz, semua bisa dilakukan melalui Koprol. Dan bahkan, kamu bisa menjadikan foto/gambar sebagai wallpaper akun komunitas kamu.

Nah, sekarang bagaimana? Memang fitur ini masih memiliki banyak serangga bertebaran (bugs). Tapi dari keterangan @Koprol di sini, fitur ini cukup menjanjikan bagi pebisnis, dan juga komunitas. So, why don’t we use it from now on, well, it’s free anyway.

Best Regard to sikodok.com

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "KoprolBiz for Community??"

Post a Comment