19 February 2011

BAB Jongkok VS BAB Duduk (?)

Categories: , , ,

Lagi - lagi artikel COpEd (COpas Edit), bacaan ringan tapi kayaknya berguna, yaitu tentang BAB.

Tapi tunggu dulu, BAB di sini bukannya Bukan Artis Biasa, melainkan Buang Air Besar !!!
Tentunya pembaca sekalian sudah pernah BAB kan ??? Adakah yang tidak tahu atawa belum pernah ??? Coba deh tunjuk tangan.. (-_-!)

Nah, menurut pembaca sekalian lebih nyaman yang mana, BAB dengan posisi duduk atawa dengan posisi jongkok ???
Atawa berdiri ??? Tengkurep ??? Bahkan terlentang ??? (gak perlu dijawab ya, cukup dalam hati saja..)

Kalau saya pribadi lebih memilih dan memang comfort BAB di WC jongkok (jujur nih..), selain karena sudah kebiasaan, juga sensasinya lebih nge - PLONG (gak ikut - ikut iklannya minuman bersoda itu loh..)
Wis ah, daripada panjang lebar, buruan kita simak..




Toilet jongkok saat ini lebih direkomedasikan daripada toilet duduk, terkait dengan tingkat kejadian penyakit kolorektal. Beberapa keuntungan yang diperoleh dari posisi jongkok antara lain :


  • Lebih memungkinkan pengeluaran kotoran lebih cepat, lebih mudah dan lebih bersih daripada posisi duduk. Kondisi ini bisa mencegah stagnasi feses pada tempat-tempat tertentu dalam kolon, yang merupakan faktor utama penyebab kanker kolon, apendiksitis dan penyakit radang usus.
  • Posisi jongkok juga dapat melindungi dasar panggul dan persarafan panggul yang mengendalikan prostat, kandung kemih dan uterus dari ketegangan dan kerusakan.
  • Katup antara usus halus dan kolon dapat menutup rapat, kondisi yang tidak bisa diperoleh pada posisi duduk sehingga memungkinkan masuknya feses dari kolon ke usus halus.
  • Posisi relaksasi otot puborektalis meluruskan posisi rektum dan anus hingga kolon dapat dibersihkan dengan mudah, tanpa banyak mengejan. Dalam posisi rektum dan anus yang lurus tersebut feses bisa lebih mudah bergerak turun dengan bantuan gaya gravitasi.
  • Paha yang menekan perut bagian bawah pada posisi jongkok dapat memberi tahanan pada kolon, hingga dapat mencegah hernia.
  • Pemulihan yang efektif untuk penderita hemorrhoid.
  • Untuk wanita hamil, posisi jongkok menghindari tekanan pada uterus saat menggunakan toilet. Posisi jongkok yang dilakukan setiap hari dapat membantu mempermudah persalinan normal.




Nah, sudah tau kan sekarang ???



nb : Saya dapat sumbernya dari sini nih, dia dapat sumbernya dari sini, jadi kalau ada yang gak bener jangan salahkan saya, heheh.. (wah, malah lempar sandal sembunyi diri jadinya)

Eh, maksudnya kalau ada yang gak bener, monggo dikoreksi..

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "BAB Jongkok VS BAB Duduk (?)"

Post a Comment