27 March 2011

Add Place

Categories: , ,

Sudah 2 bulan semenjak fitur Kurator ada di Yahoo!Koprol diluncurkan pada tanggal 31 Juli 2010, dan terbukti memang, fitur ini sangat membantu Yahoo!Koprol dalam memperbanyak lokasi check in-nya. Jumlah lokasi untuk check in saat ini semakin beragam dan tak terbatas di kota-kota besar saja. Banyak daerah yang sudah/dapat ditambahkan oleh user Yahoo!Koprol melalui fitur ini tanpa harus menunggu verifikasi seperti saat masih Koprol Beta.

Permasalahan muncul ketika para Kurator dihadapkan dengan suggest place baru yang luar biasa ngawur-nya. Banyak dari user baru yang mengabaikan aturan pencantuman informasi yang baik dan benar sehingga suggest place tersebut berakhir di tombol merah para kurator. Sepertinya banyak user yang beranggapan Adding New Place di Yahoo!Koprol sama dengan Adding New Venue di Foursquare, sehingga ada sangat banyak suggest place yang di reject oleh para Kurator.

Untuk itu, Yahoo!Koprol menerapkan aturan yang cukup ‘mengamankan’ dimana seorang user baru tidak dapat serta merta menambahkan lokasi baru ke dalam data base Yahoo!Koprol. Seorang User baru harus aktif menggunakan Koprol untuk selang waktu tertentu dan beraktifitas secara rutin di Koprol. Hingga rentang waktu yang ditentukan tersebut datang, seorang user baru belum bisa menambahkan lokasi baru. User yang baru saja bergabung di Koprol akan mendapat pesan peringatan seperti dibawah ini, saat berusaha menambah lokasi di Koprol:

“you can add new places after using Koprol more and more”

Disini ada beberapa tips dan trik untuk menghindari reject atau si tombol merah dari para Kurator. Let's check it out...

1. Search Place

Mencari lokasi sebelum menambahkan lokasi baru adalah suatu keharusan untuk menghindari tombol merah akibat para Kurator yang menganggap lokasi tersebut merupakan duplikat.

 Misal ketika kita ingin menambahkan place Masjid Al Munawar.

Dan apabila tempat itu sudah ada dan exist, maka otomatis nama Masjid Al Munawar akan muncul. Sebaiknya kita tidak meneruskan untuk add place ini.


Lalu kita coba untuk add place lainnya, misalnya SMA Negeri 1 Karangrejo.


Dan ternyata place ini belum ada/exist, maka akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.


Maka jangan ragu-ragu untuk pencet tombol 'Add New Place'.


2. Menambah/Mengisi Info Place

Ok, setelah klik tombol 'Add New Place', kita akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.


Hal yang perlu diingat, yaitu perhatikan baik-baik dalam penulisan nama place yang akan ditambahkan, sebaiknya ditulis berdasarkan EYD. Pilih Type dan Category yang sesuai. Jika mengalami kesulitan dalam pengisian format Addres, Phone atau data yang lain, bisa arahkan kursor ke tanda tanya sebelah kanan kolom pengisian, di situ akan muncul format penulisan yang benar. Kalau sudah diisi semua, klik 'Next'.



3. Map


Hal yang sering dijadikan alasan Kurator untuk mereject place adalah peta yang tidak sesuai dan tidak ditempatkan dengan tepat. Maka untuk menghindari tempat kita direject oleh Kurator, sebaiknya kita tempatkan dengan tepat. Kalau mungkin kesulitan menggunakan mode 'Map', mungkin bisa memilih mode 'Sattelit'. Just hold and drag your mouse...   :)

Klik submit and done! Tunggu beberapa waktu dan berharap agar place kamu segera di-approved.

Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

No Response to "Add Place"

Post a Comment